7 Cara Sederhana Mengatasi Stres dan Cemas Berlebih

  • Bagikan
Ilustras mengatasi stres (Foto: Freepik).

BANDUNG. Stres dan cemas yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan seseorang. Ia dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes dan depresi. Dilansir dari Boldsky, berikut ini  cara yang dapat membantu mengatasi stres dan membuat Anda merasa lebih baik.

Olahraga

Latihan fisik secara teratur dalam bentuk apapun dapat bertindak sebagai penghilang stres. Ini meningkatkan produksi neurotransmiter otak yang disebut endorfin. Olahraga juga dapat mengalihkan pikiran dari kekhawatiran dengan membuat Anda fokus pada tubuh. Selain itu, menjaga diri Anda tetap aktif secara fisik juga dapat membantu meredakan kecemasan. Anda dapat mencoba latihan pernapasan dalam, yoga, atau meditasi kesadaran untuk menghilangkan stres.

Baca Juga:  Hubungan AI, Neuropsikologi, dan Agama, Ini Penjelasan Prof. Dr.Eng Jaswar Koto

Teh hijau

Minum teh hijau bisa membantu mengurangi tingkat stres Anda. Teh hijau mengandung katekin, kafein, dan asam amino. L-theanine adalah asam amino yang telah terbukti menurunkan gejala stres dan juga dapat membantu mengatasi kecemasan.

Mengunyah Permen Karet

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat menurunkan tingkat stres di tempat kerja atau di luar pekerjaan, mengurangi kecemasan dan mengurangi kelelahan, sehingga meningkatkan mood. Studi lain melaporkan bahwa orang yang mengunyah permen karet setiap hari lebih sedikit stresnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Pejabat Publik Penyintas COVID-19 Donor Plasma Darah

Berhenti merokok

Merokok dapat memperburuk tingkat kecemasan dan stres Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko kecemasan. Jadi, cobalah hentikan kebiasaan merokok Anda.

Tidur Berkualitas

Tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam di malam hari dapat membantu menurunkan stres dan kecemasan Anda. Tidur malam yang nyenyak akan membantu Anda mengatasi stres di siang hari dengan lebih mudah dan juga mengurangi risiko gangguan tidur.

Aromaterapi

Aromaterapi adalah metode perawatan yang melibatkan penggunaan minyak esensial aromatik untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis atau fisik. Aromaterapi dikenal untuk menurunkan stres dan meningkatkan mood dengan bantuan minyak esensial seperti lavender, mawar, kamomil Romawi, cendana, jeruk, dan geranium.

Baca Juga:  89 Ribu Nakes Jabar Telah Divaksin

Minyak esensial kamomil telah terbukti mengurangi stres dan kecemasan dengan menenangkan saraf. Tingkat stres dan kecemasan yang meningkat dapat menyebabkan insomnia; menghirup minyak esensial chamomile dapat memiliki efek menenangkan pada otak dan dapat membantu mengobati insomnia dan mengurangi stres.

Membuat Jurnal

Tuliskan Ekspresikan pikiran dan perasaan Anda dengan menuliskannya di kertas. Menulis jurnal dapat membantu Anda mengatasi stres dan kecemasan. Tuliskan apa yang Anda syukuri dan fokuslah pada hal-hal positif.

(Mil)

  • Bagikan