Waspada Penderita Diabetes Hindari 7 Makanan Ini

  • Bagikan
Ilustrasi Diabetes (Foto: Freepik).

BANDUNG. Pola makan yang seimbang menurunkan risiko komplikasi yang terkait dengan diabetes. Pilihan makanan yang buruk hanya dapat meningkatkan risiko penyakit lain seperti masalah jantung. Sehingga, pemilihan nutrisi untuk penderita diabetes sangat berbeda dengan orang yang sehat. Dilansir Boldsky berikut ini makanan yang harus dihindari penderita diabetes untuk hidup sehat.

Kentang
Kentang tinggi pati dan memiliki indeks glikemik tinggi. Seperti kita ketahui, makanan tinggi indeks glikemik dikaitkan dengan risiko diabetes, konsumsi kentang yang tinggi dapat menyebabkan diabetes atau komplikasi terkait. Juga, kentang berada di bawah sayuran bertepung, itulah sebabnya ia dikeluarkan dari menu penderita diabetes.

Baca Juga:  Usia Menstruasi Dini Berdampak Buruk Pada Anak, Kenali Penyebabnya!

Jagung
Jagung pada dasarnya dianggap sayuran yang manis. Meskipun kaya vitamin, mineral dan serat makanan, ini dapat meningkatkan kadar glukosa bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Konsumsi sirup jagung fruktosa tinggi bisa memicu diabetes.

Pisang Raja
Pisang raja termasuk dalam keluarga pisang yang kaya akan nutrisi penting. Meskipun rendah gula, namun lebih mengandung pati yang dapat berkontribusi pada risiko diabetes.
Pisang raja dapat membantu mengelola diabetes tetapi jumlahnya yang besar dapat memiliki efek hipoglikemik.

Baca Juga:  COVID-19 di Jabar: Enam Zona Merah, BOR Alami Penurunan

Produk Daging
Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Beberapa produk daging seperti daging sapi, dan domba mengandung protein tinggi tetapi dapat menyebabkan diabetes jika dikonsumsi dalam proporsi yang lebih tinggi. Anda dapat menggatinya dengan sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan lentil.

Aneka Jus Buah
Buah-buahan merupakan bagian penting dari diet diabetes, tetapi jus buah yang dibuat dari buah-buahan tersebut dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Saat buah diubah menjadi jus, serat di dalamnya rusak. Selain itu, tambahan gula bisa berbahaya bagi penderita diabetes.
Buah-buahan Kering

Baca Juga:  Soal Virus Varian Baru Dari Inggris, Kuncinya Jaga Diri Lewat Prokes

Buah-buahan kering seperti kismis, plum, buah ara dan buah beri kering merupakan sumber antioksidan yang kaya dengan banyak manfaat kesehatan. Namun, mereka mengandung gula alami pekat dan kalori tinggi. Mereka dapat meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Minuman Energi
Minuman energi berbasis pasar mengandung pemanis buatan dan kafein dalam proporsi tinggi yang dapat meningkatkan kadar insulin selama berjam-jam setelah dikonsumsi. Hindari konsumsinya untuk mengatasi diabetes.

(Mil).

  • Bagikan