Dana Terbatas Jadi Kendala Pemkot Lakukan Pemeliharaan Taman di Kota Bandung

  • Bagikan
Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna saat meninjau Taman Film, Kamis, (1/10/2020). (foto: Humas Pemkot Bandung)

BANDUNG. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengakui, saat ini dana yang dimiliki untuk biaya pemeliharaan taman sangatlah terbatas. Oleh karenanya, pemerintah pun meminta kepada dinas terkait untuk lebih giat mencari dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

“Kita juga coba memikirikan untuk mengembangkan pola kerja sama dengan pihak ketiga. Pertama di Cikapayang dan Taman Radio. Itu pun sudah ada yang mengajukan kerja sama,” kata Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna dalam keterangannya, Jum’at (2/10/2020).

Baca Juga:  Pedagang di Pasar Jadi Prioritas Vaksinasi COVID-19

“Ini peluang yang kita manfaatkan, mencarikan yang termudah supaya kolaborasi ini bisa dipertahankan,” sambungnya.

Ema mengungkapkan, pemeliharaan taman di Kota Bandung bisa menguras anggaran sekitar Rp 65 miliar. Sehingga ia berharap para pengusaha mau untuk bekerja sama.

“Kalau ingin semua taman bisa tampil sesuai dengan harapan, dalam satu tahun itu butuh Rp65 milar hanya untuk pemeliharaan saja tanpa membangun,” ujarnya.

Baca Juga:  Kampung Cigadung, Destinasi Wisata Baru di Kota Bandung

Untuk itu juga, Ema meminta agar jumlah petugas dikaji ulang.

“Saya minta dihitung ulang oleh DPKP3 (Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan), jangan sampai luasnya besar tapi petugas sedikit. Itu aspek rasionalnya tidak masuk,” katanya.

Kendati begitu, Ema menegaskan jika pihaknya bertekad terus menjaga kebersihan dan keasrian Kota Bandung, khususnya di kawasan publik seperti taman. Hal itu agar masyarakat tetap bisa memanfaatkan ruang publik dengan nyaman.

Baca Juga:  Oded Janji Berikan Hak Korban Pohon Tumbang 

“Selain kita harus memberikan pelayanan dengan fasilitas maksimal, pemeliharaan juga penting. Sehingga kalau pemeliharaannya maksimal, kecantikan kota ini bisa bertahan,” tandasnya.

(Mil)

  • Bagikan