Meriah! Puncak HSN 2024 di Stadion Purnawarman Purwakarta Dipadati Puluhan Ribu Jamaah Nahdliyin

  • Bagikan
Puncak Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024 di Stadion Purnawarman Purwakarta, Sabtu 26 Oktober 2024

NARASIJABAR – Stadion Purnawarman Purwakarta dibanjiri puluhan ribu jamaah Nahdliyin dalam perayaan puncak Hari Santri Nasional (HSN) 2024 yang diwarnai acara bertajuk Konser Santri untuk Negeri. Acara yang berlangsung sejak sore hingga pukul 21.00 ini diisi dengan pentas budaya santri, istighosah kubro, dan sholawatan, Sabtu, 26 Oktober 2024.

Perayaan dimulai sejak waktu Ashar, dengan jamaah memenuhi stadion untuk menyaksikan berbagai pentas budaya santri. Menjelang malam, acara dilanjutkan dengan istighosah kubro yang menggetarkan suasana. Meski sempat diguyur rintik hujan, jamaah tetap bertahan khusyuk dalam doa dan lantunan shalawat, menciptakan suasana syahdu di bawah langit yang mendung.

Baca Juga:  Pemda Provinsi Jabar Komitmen Terapkan Sistem Merit secara Objektif

Ketua Panitia Pelaksana HSN Kabupaten Purwakarta, Dr. H. Amit Saepul Malik, S.Pd.I., M.Pd.I., dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas kehadiran seluruh peserta yang tetap bertahan meski kondisi cuaca kurang mendukung. “Betapa kompak dan bersatunya PCNU Kabupaten Purwakarta,” tambahnya.

Hadir dalam acara ini sejumlah tokoh dan pejabat Purwakarta, di antaranya Rois Syuriah PCNU Kabupaten Purwakarta KH Endang Abdul Somad, Ketua Tanfidziyah PCNU KH Ahmad Anwar Nasihin, Kepala Kementerian Agama Dr. H. Hanif Hanafi, M.Si., Dani Abdurahman, SH MH hadir mewakili PJ Bupati serta pimpinan dari TNI dan Polri. KH Ade Fatahilah Katib Syuriyah PWNU Jawa Barat, Dr. Hj. Ifa Faizah Rohmah, M.Pd., selaku Ketua LP Ma’arif Jawa Barat sekaligus Pembina HSN, turut hadir dalam perayaan ini.

Baca Juga:  Majelis Ta'lim Perempuan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Purwakarta Rutin Gelar Kajian Tematik

Konser Santri untuk Negeri merupakan bagian dari rangkaian acara HSN 2024 di Purwakarta yang dimulai sejak 19 Oktober. Selain konser, beberapa kegiatan lain juga telah dilaksanakan, seperti khitanan massal untuk 43 anak, Apel Hari Santri Nasional dilaksanakan tanggal 22 Oktober 2024 di Taman Parsanggrahan Pajajaran, serta di pesantren-pesantren se-Purwakarta, tanggal 24 – 26 Oktober 2024 diadakan Lomba Hadroh, Pidato Digital, Pemulasaraan Jenazah,Musabaqah Qiroatil Kutub, Futsal, Latihan Damkar, Talk Show,  Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Bazar UMKM/Sembako Murah dan Santri Sehari Menjadi Bupati Purwakarta.

Baca Juga:  Sekda Jabar Tekankan Pentingnya Penyederhanaan Birokrasi

Ketua PCNU Kabupaten Purwakarta, Ajengan Ahmad Anwar Nasihin, menekankan pentingnya HSN sebagai refleksi untuk mengenang jasa para santri dalam perjuangan kemerdekaan. “Kemeriahan puncak HSN di Purwakarta ini monumental dan menjadi pengingat bagi kaum santri untuk terus berkarya dan menanamkan rasa kebangsaan,” ujarnya.

Acara ditutup dengan doa bersama, dan harapan agar HSN 2024 ini mampu memperkuat persatuan bangsa serta menginspirasi generasi muda untuk melanjutkan perjuangan para santri demi Indonesia yang lebih baik. (*)

  • Bagikan