Almaida Putra: Hari Raya Nyepi dan Ramadhan 2024 Jadi Momentum untuk Saling Menghormati

  • Bagikan
Almaida Rossa Putra

NARASIJABAR – Perayaan hari raya Nyepi tahun baru Saka 1946 akan beriringan dengan awal bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah. Hal ini menjadi momentum bagi umat Hindu dan muslim ataupun masyarakat luas untuk saling introspeksi dan saling menghormati ritual dan tradisi antar-agama.

Ucapan menyambut hari raya Nyepi untuk umat Hindu dan awal Ramadhan 1445 H/2024 M bagi umat muslim disampaikan oleh anggota DPRD Jawa Barat dari fraksi Golkar, Almaida Rosa Putra.

Baca Juga:  Anggota DPRD Jawa Barat Ade Ginanjar Ajak Perkuat 4 Pilar Kebangsaan

”Semoga umat Hindu dapat terus meningkatkan kualitas diri dalam hubungan manusia dengan Tuhan, sesama anak bangsa, dan dengan lingkungan. Semoga keistimewaan Ramadhan juga dapat meningkatkan kualitas ketakwaan umat muslim,” ujarnya.

Ia menyampaikan, Nyepi ataupun ibadah puasa Ramadhan menjadi momentum yang baik bagi umat Hindu dan Islam untuk melakukan introspeksi.

Selama Nyepi, umat Hindu menjalani Catur Brata Penyepian, yakni amati geni atau tak menyalakan api, amati karya atau tak bekerja, amati lelungan atau tidak bepergian, dan amati lelanguan atau tidak menikmati hiburan. Sementara umat Islam selama Ramadhan menahan segala nafsu yang membatalkan puasa.

Baca Juga:  DPRD Jabar: RS Paru Sidawangi Cirebon Harus Tingkatkan Pelayanan Sebagai RS Rujukan

”Catur Brata Penyepian merupakan waktu tepat untuk umat Hindu melakukan kontemplasi. Sementara puasa Ramadhan juga sangat baik untuk muhasabah bagi umat Islam. Jadi, keduanya adalah momentum instrospeksi,” tuturnya.

  • Bagikan